Thursday, October 1, 2009

5 Ways to Survive in a New Job

oreeee.... akhirnya dapat pekerjaan baru!

Eits tunggu dulu....meski gembira dapat pekerjaan baru, tapi, siapkah anda untuk bersaing dan bertahan di lingkungan kantor baru?

Meskipun jajaran pimpinan alias Boss baru akan memberikan toleransi pada karyawan baru untuk adaptasi, banyak hal yang perlu kamu pelajari di tempat baru, agar tidak tersandung masalah.

Yaa.. namanya juga kantor baru, semuanya juga serba baru. Seperti mengingat nama rekan-rekan kerja baru, atasan baru, hingga peraturan perusahaan. Dari sejumlah survei yang pernah dilakukan oleh para manajer perekrutan pada Robert Half International, ada dua kesalahan utama yang kerap dilakukan karyawan baru.

Pertama, kegagalan untuk menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan dan kedua, malu bertanya.

Nah, agar mampu beradaptasi di tempat kerja baru, cermati lima langkah berikut ini:

* Menghargai budaya perusahaan.

Ikuti budaya dan aturan yang diterapkan tempat kerja yang baru. Misalnya, jangan melanggar jika ada kewajiban mengenakan seragam kantor.

Jangan mentang-mentang abru, lantas tidak mau mengenakan seragam.

* Open Mind.

Buka mata dan pikiran Kamu.

Pada tahap awal bekerja, usahkan untuk membuka diri. Rebut kepercayaan dan respek dari rekan satu tim.

* Pelajari Seksama Tugas Utama Kamu.

Diskusi dengan atasan, soal tugas utama dan prioritas yang harus dikalukan. Cari tahu juga soal prosedur kerja, dan evaluasi kerja.

* Jangan Malu Bertanya.

Jika Anda menemui masalah, jangan pernah malu bertanya. Bisa tanya kepada atasan langsung atau rekan kerja yang lebih senior.

* Jangan Segan Minta penilaian.

Memang Evaluasi resmi baru akan dilakukan beberapa bulan kemudian, tapi tak ada salahnya kamu meminta atasan untuk memberikan penilaian pada bulan pertama, secara informal.

Diskusikan apa yang kurang dari kinerja kamu dan apa solusinya.

Jika 5 langkah ini kamu terapkan, dijamin kamu bisa berkembang di tempat baru dan kamu lebih mengenali tempat barumu. (shd)


diambil dari gajimu.com

No comments:

Post a Comment